Belajar tanpa lelah

0
276

Belajar seharusnya ditanamkan sejak kita kecil, karena pada hakekatnya kita perlu belajar dalam mengarungi kerasnya kehidupan. Belajar tidak harus didalam ruangan, belajar bisa dimana saja tempatnya dan dengan siapa saja asalkan kita serius dalam belajar.

Kesabaran dan meluangkan waktu merupakan tantangan yang paling berat dalam menuntut ilmu, bahkan kadang kita gampang menyerah karena merasa bosan untuk terus belajar.
Selain itu, dalam prakteknya kita harus dapat menerapkan ilmu yang kita dapatkan agar berguna untuk sesama. Sehebat apapun kita kalau ilmu yang kita dapatkan tidak digunakan untuk menyalurkan ilmu yang kita dapatkan akan percuma, karena orang yang berilmu alat terlihat ketika ia bisa memberikan ilmu yang ia punya kepada orang lain.

Jangan sampai pikiran yang kita punya hanya untuk kepentingan pribadi dan lupa bahwa ilmu yang kita dapatkan tidak ada apa-apa ketika kita hanya menyimpannya dalam pikiran kita saja. Kesadaran akan pentingnya belajar kini dianggap hanya kewajiban yang hanya ketika dibangku sekolah dan kuliah saja, padahal menurut saya hanya membuat pemikiran kita menjadi sempit.

Ketika kita berada diluar dan berkumpul dengan orang-orang hebat, maka otomatis pemikiran kita semakin ter- upgrade dengan pola pikir uang lebih efektif. Semua kita bisa dapatkan dengan kita lebih sering berinteraksi dengan orang lain yang memiliki kemampuan pikir maupun skil yang mempuni di bidang yang mereka kuasai.

Kita harus meluangkan waktu santai demi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, dan itu bukanlah hal yang mudah, ketika kita ikhlas menjalaninya dan terus-menerus untuk selalu belajar maka hasil akan kita dapatkan bukan sekedar mimpi di malam hari. Mimpi dapat diperoleh ketika kita berusaha, semakin banyak mimpi kita makan semakin banyak peluang untuk tercapai.

 

 

 

 

Penulis: Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here