Dalam bermasyarakat pemuda harus berbaur dengan lingkungan sekitar. Interaksi diperlukan dalam hal pemberdayaan masyarakat agar dalam perkembangan wilayah tersebut dapat berjalan sesuai target yang diharapkan semua orang.

Keberhasilan dapat dicapai dengan usaha lebih keras tanpa menyerah dalam melakukan perubahan. Pemuda tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya masyarakat yang sadar terhadap perubahan yang lebih baik.

Ketika di suatu wilayah pemuda kurang kreatif dalam pemikiran untuk kemajuan wilayah tersebut, maka ia akan tertinggal dengan wilayah yang lainnya. Kurangnya dalam interaksi antara pemuda dan Masyarakat menyebabkan sulit untuk menyamakan pemikiran dengan tujuan yang sama, ini yang terjadi sekarang.

Potensi yang ada di suatu wilayah perlu di gali lebih dalam, dan apa saja dapat menunjang perekonomian warga sekitar. Masalah yang paling kompleks dalam memulainya yaitu masyarakat sulit untuk bergerak tanpa adanya dukungan material berupa uang.

Tentunya ini menjadi tantangan bagi kita para pemuda untuk merubah pemikiran yang semua perubahan dapat dilakukan dengan uang, Karena sebenarnya perubahan itu dari kita, oleh kita dan untuk kita sendiri.

You don’t have to be better that everybody else. You just have to be better than you ever tought you could be.

“Anda tidak perlu menjadi makhluk yang lebih baik dari makhluk lain, anda hanya perlu membangkitkan asa dalam diri anda untuk menjadi lebih dari apa yang pernah anda bayangkan.”

Penulis : Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here