Masalah merupakan salah satu ujian yang pasti dihadapi oleh semua manusia, baik dari masalah kecil hingga masalah besar. Masalah ada ketika kita terus hidup di dunia dan akan selalu membayang-bayangi kita agar kita dapat belajar dari setiap masalah tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dalam menyikapinya semua masalah tentunya tidak semua memiliki cara yang sama untuk menyelesaikan, ada yang hanya dibiarkan saja dengan seiring waktu berjalan agar dapat terselesaikan dan ada yang terlalu memikirkan masalah hingga menjadikan semua masalah sebagai beban hidup yang harus diselesaikan saat itu juga.

Semakin banyaknya masalah yang dihadapi maka kita semakin menjadi lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang ada. Pohon yang lebih tinggi akan semakin kencang di tiup angin dibandingkan dengan rumput yang ada dibawahnya, ketika kita berada diatas maka masalah yang kita hadapi akan lebih banyak lagi.

Kentang yang teksturnya keras ketika di masukan kedalam air yang mendidih, yang awalnya keras menjadi lunak dan lembut. Sedangkan kopi yang saya rasa paling unik karena biji kopi yang keras ketika di seduh dengan air mendidih bisa merubah air dan menciptakan sesuatu yang baru terutama cita rasa yang nikmat.

Terkadang masalah banyak yang terjadi disekitar dan hal-hal yang terjadi pada kita, tetapi hal yang penting dalam hidup kita ialah apa yang terjadi dengan diri kita. Ibarat masalah adalah air yang mendidih. Ketika kamu mempunyai masalah, bagaimana cara untuk menghadapinya, apakah kamu sebuah kentang yang lunak atau kopi yang menciptakan sesuatu yang baru dalam menghadapi suatu masalah yang terjadi.
Albert Einstein: “Kita tidak bisa memecahkan masalah dengan menggunakan cara berpikir yang sama ketika kita menciptakannya.”

Penulis : Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here