Setelah mengikuti 2 hari sekolah desa di Payungi University, 35 mahasiswa program studi ekonomi syariah IAIN Metro selama 8 hari ke depan bergerak bersama komunitas #ayokedamraman melakukan gerakan sosial di masyarakat. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini adalah upaya Prodi Ekonomi Syariah IAIN Metro memfasilitasi mahasiswa yang tidak punya biaya KKL di Jawa dari total angkatan 2017.

KKL tematik ini seperti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mini, dimana mereka juga tinggal di rumah-rumah warga. Ada beberapa hal yang mereka akan lakukan di Dam Raman. Pertama, mereka akan membuat spot-spot selfie. Kedua, bersama tim AKDR praktik media sosial promosi wisata Dam Raman. Ketiga, membuat video dokumentasi potensi warga di sekitar Dam Raman. Keempat, peserta membuat kegiatan event mulai dari seni, film dan diskusi.

Materi sekolah Desa yang sudah mereka dapatkan di Payungi University adalah Social Maping, Trilogi Pembangunan Desa, Community Approach, Media Desa, dan Ekonomi Desa. 35 mahasiswa dengan berbagai latar belakang, tertantang untuk berkontribusi pada perubahan sosial. Di sini letak perguruan tinggi, terutama program studi berinteraksi dengan warga. Perguruan Tinggi ada untuk hadir di tengah-tengah. Mereka sejatinya belajar dengan warga atas sistem sosial yang penting untuk dianggit kembali.

Mereka bukan membuat desa binaan, karena sejatinya kita yang ada di perguruan tinggi harus belajar pada sistem sosial masyarakat. Kita juga bukan melakukan pendampingan tapi melakukan 3 sama: sama tinggal, sama makan dan sama kerja. Di Dam Raman mereka akan melihat desa sebagai masa depan. Di sanalah sebenarnya Indonesia harus terus bergerak dan fokus.

Budaya, pendidikan, agama, sosial, pertanian, peternakan, wisata, kuliner dan teknogi terus digali dengan melibatkan pemuda-pemuda desa. Gerakan kolaborasi penting untuk terus dibangun agar mendapatkan pengalaman bersama. Pada trilogi pembangunan desa, point yang tidak boleh berhenti dan terus berjalan adalah proses pengetahuan, penggalian potensi dan SDM penggerak. Dari desa kita belajar semuanya.

Dharma Setyawan
Kaprodi Ekonomi Syariah IAIN Metro
Penggerak Pasar Yosomulyo Pelangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here