Mitos Desain Grafis

0
309

Penulis : Abib Nuansa

banyak orang yang saya temui beranggapan kalau bisa coreldraw/photoshop/adobe illustrator itu berarti jago desain, itulah salah satu alasan yang mendorong saya untuk sering mengadakan kelas desain grafis, saya ingin meluruskan mitos atau kekeliruan ini.
Selama ini saya selalu memulai kelas desain dengan menjelaskan tentang makna desain grafis, sejarah berkembangnya di Indonesia, fungsi desain grafis, kekuatan desain grafis, peluang kerja dan tantangan desainer grafis,
Elemen dan Prinsipnya, agar kemudian orang-orang mulai faham tentang bagaimana berkomunikasi lewat karya visual, tentang cara mengemas sebuah karya visual agar terlihat menawan, dll.

Satu contoh kalau kita melihat sejarah, misalnya Poster yang didesain oleh seorang seniman kenamaan Indonesia yang pernah membuat pameran seni di berbagai negara seperti India, Amerika, dan di Eropa, beliau pernah ditunjuk langsung oleh Ir. Soekarno untuk membuat sebuah desain poster yang menggambarkan tentang warga Indonesia yang harus merdeka, tidak boleh terkekang oleh penjajah, akhirnya affandi koesoema membuat satu desain poster yang fenomenal sampai dengan hari ini, yaitu poster “Boeng Ajo Boeng” (1 Juni 1945), kalimat boeng ajo boeng adalah ide dari penyair Chairil Anwar.

Tentu waktu itu bliau belum mengenal komputer apalagi software desain, poster itu dibuat dengan pensil diatas kertas, kemudian diperbanyak siang malam dan di sebarkan ke seluruh penjuru daerah Indonesia, dan yang pasti juga bukan dengan share via WA, IG, FB ,dsb, butuh perjuangan panjang membuat sebuah karya visual seperti itu, yang kemudian bisa mempengaruhi persepsi dan mood orang yang melihatnya, yang terbukti dengan bangkitnya semangat pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia di setiap wilayah.

Desain grafis bukan sekedar membuat gambar visual, kalau kata steve jobs sang visioner Apple, beliau sampaikan bahwa “Desain Adalah Jiwa” di setiap produk-produknya, sehingga Apple saat ini menjadi brand Pemenang di Dunia, siapa yang tidak tau logonya? Dibalik pembuatan logonya pun ada sejarah yang luar biasa. Panjang lagi nanti ceritanya, hehe..
Belum lagi soal Obama Tahun 2008 lalu, yang gara-gara desain kampanyenya bisa jadi presiden kulit hitam pertama di Amerika.

Pada intinya Desain Grafis itu bukan sekedar bicara software atau hardware, tapi lebih dari itu, ilmu komunikasi, seni, teknologi, bahkan bisnis termasuk bagiannya. Makanya kalau sekarang kita sering melihat banyak karya visual seperti poster, banner, brosur, flier dan apapun itu terlihat tidak menarik atau mungkin tidak mampu menyampaikan pesan dan informasi di dalamnya mungkin pembuatnya itu hanya menganggap bahwa desain grafis = bisa software!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here