Kampung Buku

0
204

Penulis : Dharma Setyawan

Payungi akan memulai hal yang tidak asing bagi kawan-kawan penggerak literasi. Kampung Buku adalah upaya kami untuk menghadirkan buku sebagai gerakan inklusi sosial. Pak Kadis Dispusarda Kota Metro Syachri Ramadhan punya kebijakan akan menitipkan buku-buku di sini. Dosen UMK Dr. Oki Hajiansyah Wahab sudah memulai untuk menyumbang buku, gerakan sedekah buku selalu penting. Bang Rahmatul Ummah sejak awal membawa seluruh bukunya di Pojok Boekoe Cangkir sebelum ada Payungi (Pasar Yosomulyo Pelangi) .

Di tempat inilah, mimpi kami sebagai warga Yosomulyo baru dimulai. Bukan pasar menurut saya pribadi, tapi keadaban literasi. Masyarakat yang akrab dengan buku, ada pelatihan menulis, ada bedah buku, memulai kembali ecosystem penerbitan buku seperti @Sai Wawai Publishing, dan kelas-kelas kreatif lainnya. Mahasiswa S-1 Ekonomi Syariah IAIN Metro juga akan berkegiatan di sini dari mulai angkatan 2015-2018, saya rasa perlu mengajak 1000 an anak Esy ini untuk tampil terdepan sebagai bagian gerakan pemberdayaan literasi.
Sepengalaman saya, gerakan literasi selalu pasang surut. Tapi jika anak-anak yang mengerjakan skripsi bisa kita fasilitasi, kita bisa memetakan riset yang cukup baik ke depan. Apalagi ESy IAIN Metro punya roadmap riset 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif. Skripsi jika didampingi secara baik akan menghasilkan riset yang baik, dan wajib diterbitkan di jurnal-jurnal bereputasi. Terinspirasi dari Dr Sutanto UNS yang membuat Cafe Library, Kampung Buku diharapakan jadi tempat nyaman untuk belajar dan berkomunitas berbasis skill.

Jadi Kampung Buku akan semakin mengokohkan pelatihan-pelatihan desain grafis, video, animator, ilustrator dan skill lainnya. Fasilitas sejauh ini adalah Delussy yaitu Kedai Kopi Bayar Seikhlasnya, ada WIFI gratis, dan ada Mushola. Semoga setiap kegiatan kita bisa mengabadikan dalam bentuk video youtube. Ide-ide baru dari rekan-rekan sangat kami harapkan. Semoga kita semua terus mengambil hal-hal baik dalam melihat perubahan sosial di sekitar kita.

Salam Payungi
#JukPaiBukuMeu

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here