Kampung Digital Payungi

Penulis: Dharma Setyawan 

Kampung Digital adalah pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra khususnya kegiatan ekonomi warga yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan kegiatan ekonomi yang maju, mandiri, inovatif dan modern.

Implementasi dari Kampung UKM Digital ini ditandai dengan beberapa parameter diantaranya; tersedianya jaringan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Kampung, adanya wadah komunitas dan melakukan pemanfaatan solusi dan layanan Teknologi Infomasi di dalam lingkungan Kampung. Semuanya dilakukan secara bertahap dengan melibatkan banyak pihak diantaranya Pemerintah, Komunitas, Pelaku Bisnis, Akademisi dan juga Media. Semua pihak ini diharapkan dapat berkolaborasi untuk memajukan kegiatan ekonomi kreatif melalui pemanfaatan tekhnologi informasi.

Kampung Digital Payungi mulai dipetakan oleh Penggerak Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi). Pasar yang sejak awal digerakkan dengan media digital disupport oleh Genpi Lampung dan gotong royong warga. Sampai sejauh ini omset atau uang masuk setiap minggu di Payungi rata-rata di atas 15 juta. Artinya ada 60 juta lebih omset uang masuk ke Payungi dalam 1 bulan dan sudah cukup banyak membantu warga untuk mendapatkan nilai tambah ekonomi.

Kali ini Payungi bersama Karang Taruna Kota Metro memulai untuk membangun Kampung Digital secara lebih terukur dan terarah. Dimulai dengan pemasangan internet di 4 titik. Kami akan terus memasarkan potensi Yosomulyo dan sekitarnya diantaranya produk jajanan tradisional dan produk ekonomi kreatif warga, seperti olahan makanan, madu trigona, susu kambing, dan lainnya. Payungi ke depan akan memudahkan konsumen dan pedagang dengan system online. Para pedagang akan terus dilatih untuk memasarkan produknya lewat jaringan wifi internet yang sudah tersedia di lingkungan Payungi. Titik internet tersebut juga akan memudahkan Grabfood dan Go-food masuk dan memudahkan pelanggan untuk memesan produk lewat aplikasi android.

Kami juga terinspirasi dengan Kampung Design di Kali Abu Magelang, Sekolah Animator di Kudus dimana pemudanya dibekali skill untuk beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi. Bersama Karang Taruna Kota Metro kita akan melatih pemuda untuk belajar media digital, pengelolaan website, media sosial, design grafis dan pembuatan video.

Silahkan hadir Payungi gelaran ke VII pada Minggu 09 Desember 2018 jam 06.00-11.00 WIB dengan tema Launching Kampung Digital Payungi.

Pasar Yosomulyo Pelangi adalah Pasar Destinasi Digital di Kota Metro Lampung yang memberi kejutan tema disetiap gelarannya.
@yosomulyopelangi_
Jl Kedondong RW 07 Yosomulyo Metro Pusat.

Nikmati Jajanan Tadisional, Spot Selfie, Permainan Tradisional, Pojok Boekoe Cangkir, Flying Fox, Panahan, Lempar Pisau.