Perlunya orang kreatif

11
Perkembangan zaman kini semakin tumbuh pesat, baik dalam sektor teknologi maupun SDM yang terus-menerus. Tidak diragukan lagi perkembangan teknologi membuat pekerjaan semakin cepat dan hemat waktu yang terpangkas lebih sedikit. Dengan sistem yang langsung berhubungan dengan ekonomi dunia membuat SDM yang dimiliki harus mampu bersaing.
Rata-rata di negara berkembang sulit untuk bersaing dengan negara lain dan permasalahannya terletak pada minumnya SDM tersebut. Pemikiran yang hanya sebatas angan-angan yang menjadikan sulit untuk maju. Ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan dirasakan belum sesuai dengan tantangan global yang tidak lebih menjurus ke arah yang hanya monoton yang membuat jenuh.
Di negara maju, kuliah lebih banyak langsung prakteknya dibandingkan dengan teori karena terkadang kondisi tidak sesuai dengan apa yang kita pelajari, namun tidak meninggalkan dari teori yang ada. Mereka diajak untuk berfikir kritis dan kreatif dalam semua hal.
Zona nyaman ialah terletak pada kita hanya melakukan sesuatu alur yang ada, seperti air yang mengalir. Akan tetapi dengan keluar dari zona yang nyaman menjadi kita lebih tertantang untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Pemikiran yang kreatif perlahan akan muncul ketika akal yang dimiliki digunakan untuk berfikir. Pada dasarnya semua orang terlahir kreatif, kemalasan yang membuat ide kreatif kita tenggelam dengan hanya mengikuti alur yang ada.
Saya mengingat perkataan yang pernah diucapkan dosen saya. Ia mengatakan bahwa, di dunia ini perlu orang kreatif, kekayaan tidak selama abadi. Ketika kita kreatif maka rezeki akan mengalir dari arah yang tak terduga. Yang bisa mengubah diri kita, ya diri kita sendiri. Ketika kamu kreatif maka, kamu akan dicari orang.
“Kreativitas hanyalah menyambungkan sesuatu. Ketika kamu menanyakan orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasakan sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Hal itu akan terlihat jelas bagi mereka setelah beberapa lama. Itu terjadi karena mereka mampu menghubungkan pengalaman yang mereka miliki dan membuahkan hal baru.” – Steve Jobs
Penulis: Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here