Selama kita masih bernafas kita harus terus berjuang untuk mencapai apa yang kita inginkan. Persaingan yang semakin berat bahkan hingga adu fikiran merupakan hal yang bisa dalam kehidupan, teruslah percaya terhadap hal yang menurut kita benar membuat kita akan tetap bisa bersaing.

Tantangannya di zaman modern sekarang ini, kita tidak hanya berperan terhadap pikiran, tetapi juga perang melawan media digital yang semakin cepat. Bijak dan tepat dalam bermedia membuat kita lebih cepat untuk menggapai semua yang kita impikan.

Perjuangan harus di dorong dengan keinginan yang kuat, tanpa semua itu kita akan sia-sia dalam melakukan perjuangan. Yang bisa kita ambil pelajaran dari semangat berjuang ialah, bahwa yang kita lakukan walaupun hanya sedikit demi sedikit, maka kita akan memetik hasilnya dikemudian hari.

Pernahkah anda melihat hewan undur undur, hewan yang kecil dan sering dijumpai dibawah rumah kita yang memiliki lobang banyak. Coba kita ambil pelajaran dari perjuangan hewan undur undur, mereka walaupun berjalan mundur tetapi semangat untuk membuat rumahnya, bahkan hewan tersebut dapat membuat rumahnya dengan berjalan mundur.

Ketika kita sering bermain dengan undur undur, maka hari besoknya rumah uang kita buat rumah, pasti akan kembali seperti semula bahkan akan semakin banyak. Mereka berjuang untuk membuat rumahnya yang kita rusak, padahal mereka hewan yang berjalan mundur, tetapi berkat perjuangan yang tanpa lelah, mereka tetap bertahan hidup, walaupun kadang rumah mereka terkena air hujan.

“Anda tidak bisa pergi dari tanggung jawab esok hari dengan menghindarinya hari ini” – Abraham Lincoln

Penulis: Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here