Kita hidup di dunia ini sangat perlu bantuan orang lain, tidak mungkin kita dapat hidup dengan sendiri tanpa saling membantu dan tolong menolong. Banyak cara untuk melakukan kebaikan kepada sesama dari hal yang mudah ke yang paling kompleks, karena tujuan kita hidup selain beribadah juga bermanfaat kepada sesama.
Bisa bermanfaat untuk orang lain merupakan kesenangan yang tidak ternilai jika kita ikhlas mengerjakannya. Timbal baliknya bagi kita yaitu ketika kita mengalami cobaan maupun kesulitan pasti akan ada yang membantu kita, baik berupa materi maupun dukungan moral.

Uang merupakan alat tukar yang pasti digunakan manusia dalam bertransaksi. Uang selain bermanfaat sebagai alat tukar juga dapat digunakan untuk membantu orang lain dalam kesulitan ekonomi. Ada beberapa umah pecahan seperti 2 ribuan, 10 ribuan, hingga 100 ribuan.

Pasti anda pernah melihat uang yang ada di kotak amal dengan recehan yang kusut dan lusuh yang memenuhi kotak tersebut. Coba anda perhatikan kenapa di dalam kotak amal jarang sekali terlihat uang 100 ribu atau 50 ribu yang ada di dalamnya, karena duit 100 ribu sangat berharga untuk dirinya.
Ibarat uang 100 ribu adalah orang yang kaya dan 2 ribu orang yang sederhana. Duit 100 pada dasarnya ialah uang yang paling dihormati bahkan ditempatkan di tempat yang bagus seperti di dompet dan tak akan lusuh karena sering dipakai. Berbeda dengan uang 2 ribu yang sering digunakan tempatnya tidak istimewa yaitu disaku celana, lusuh, dan sering dipakai.
Apakah kalian ingin menjadi uang 100 ribu yang istimewa, diposisi yang bagus, rapi tapi kurang bermanfaat untuk orang lain atau seperti uang 2 ribu yang sering bersedekah, bermanfaat untuk orang banyak dengan tidak terlalu istimewa dan diposisi yang biasa saja.

Abraham Lincoln: “Orang yang terlihat biasa-biasa saja adalah yang terbaik di dunia. Itulah sebabnya Tuhan menciptakan begitu banyak dari mereka”

Penulis : Arif Adi Chandra (Mahasiswa Esy IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here