Satu tahun perjalanan ekspedisi Indonesia Biru Dandhy Dwi Laksono dan Ucok Suparta memberi banyak perspektif. Mereka mengelilingi Indonesia dengan mengendarai motor selama 1 tahun, dan menghasilkan banyak film-film inspiratif masyarakat lokal. Istilah “ekonomi biru” pertama kali disebutkan oleh Gunter Pauli sebagai Green 2.0 atau ekonomi hijau yang disempurnakan. Dalam hal ini, ekonomi biru mengacu pada sejumlah poin penting, antara lain efisiensi sumber daya, pemanfaatan secara berjenjang, pemanfaatan limbah, hingga penggunaan inovasi untuk pemanfaatan sumber daya dan limbah.

Pasca reformasi, ekonomi Indonesia semakin dibajak oleh elit oligarki. Bukan efisiensi SDA tapi malah sebaliknya kerusakan, kebakaran hutan, lubang tambang batu bara, sawit penyebab banjir, punahnya flora fauna, perusahaan semen menjajah sawah-sawah kendeng, konflik tambang di Papua. Beberapa contoh di atas menunjukkan negeri ini masih mengandalkan industri perusak lingkungan untuk meraup keuntungan sesaat.

Di sisi lain, film watchdoc memberi banyak kearifan lokal, budaya, pertanian, energi, system sosial, dan lainnya di suku-suku adat di Indonesia. Suku Baduy menjalankan pertanian organik, kasepuhan ciptagelar mendayagunakan energi matahari dan membangun Ciga TV pemancar Lokal, Samin menjaga tradisi pertanian, Suku Boti punya system sosial memghadapi pencuri, Suku Mentawai memahami Tsunami dan pengobatan alami, Orang Bajo hidup menjinakkan Lautan, Orang Bali menolak reklamasi, The Mahuzes, Orang Papua mempertahankan Sagu menolak kebijakan MIFEE dan masih banyak lagi
Semoga hari esok ada lagi. Kita bangun negeri ini dengan pengetahuan bukan kekerasan kepada alam, hewan, tumbuhan bahkan manusia. Ekonomi Biru memberi gambaran bagaimana eco-techno memberikan perspektif menarik untuk berpikir maju tapi tetap menjaga lingkungan dengan baik. Ekonomi lokal harus tetap dilestarikam sebagai kekayaan bangsa, kita tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan menolak segala jenis penghisapan sumber daya alam oleh segelintir oligarki.
Penjara itu hanya untuk para kriminal bukan untuk orang dengan pemikiran lain.
#SaveDandhy #BanggaFEBI #BanggaIAINMetro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here