IAIN METRO Menuju Good University Governence

61

Metrouniv.ac.id – Metro,Lampung
Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Metro adakan Sosialisasi Good University Governance (GUG) dalam upaya untuk meningkatkan tata kelola Perguruan Tinggi yang baik di kampus IAIN Metro ruang Saifuddin Zuhri dihadiri oleh Rektor, WR I,WR II, WR III, Kabiro AUAK, Dekan Fakultas, Kabag, Kasubag, Ketua Lembaga, Kapus, dan Kaprodi, Senin (16/09/19).

Acara dibuka oleh Kepala SPI IAIN Metro Dr.Siti Nurjanah,M.Ag yang menyampaikan langsung laporan kegiatan GUG tahun anggaran 2019, yang tujuannya adalah agar tercapainya Good University Governence dan dapat memberi manfaat untuk kebijakan dalam pengambilan keputusan dan meningkatkan tata kelola perguruan tinggi yang lebih baik dari sebelumnya khususnya di lingkungan IAIN Metro.

Prof H.Enizar,M.Ag selaku Rektor dalam sambutannya mengatakan kegiatan Good University Governence ini diharapkan dapat menjadikan tata kelola administratif keuangan IAIN Metro menjadi lebih baik lagi dibanding hari kemarin. Manfaat dari kegiatan ini harus bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk pengguna tapi juga untuk Masyarakat, Stakeholder, Instansi Pemerintah dan Kementerian yang telah memberikan kepercayaan untuk IAIN Metro. Rektor juga berharap agar kegiatan ini bukan hanya sekedar sosialisasi harus segera di implementasikan dalam kinerja dan menjalankan tugas sehari-hari.

Hadir dalam kegiatan ini sebagai Pemateri pertama adalah Prof, Dr.Hilmi Muhammadiyah,M.Si selaku inspektur Irjen Kemenag III. Beliau memaparkan bahwa sosialisasi Good University Governance (GUG) ini untuk mewujudkan tata kelola Perguruan Tinggi yang Transparan, Akuntabel, Respon, Indepedensi, penjaminan mutu, Efektif, Efisien dan sesuai peraturan yang berlaku. Prof Hilmi menjelaskan ada 3 pilar penting untuk mewujudkan GUG di perguruan tinggi yaitu public trust, exellent public service, dan No Corruption. Prof Hilmi juga mengatakan bahwa saat ini IAIN Metro sudah memenuhi syarat untuk Good University Governence dengan Transparasi (0) saldo dari Audit Irjen dan BPK.

Selanjutnya Pemateri kedua Sosialisasi GUG diisi dari Kepolisian Daerah Lampung, Kombes Pol Heri Setiawan, S.Ik,M.H selaku Kabidhum Polda Lampung didampingi oleh Wakil Rektor I IAIN Metro Dr.Suhairi,M.H. Dalam materinya Kombes Pol Heri Setiawan bersama AKBP I Made Kartika,SH,MH selaku Kasubdit bantuan hukum Polda Lampung menyampaikan pentingnya penegakan hukum dalam Good University Governence di lingkungan perguruan tinggi berdasarkan aturan yang berlaku agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik. Penegakan Hukum merupakan usaha untuk pembentukan ide-ide, yang dalam hal itu aturan yang dibuat harus dirasakan oleh Masyarakat jika tidak dirasakan maka hukum tersebut tidak bermanfaat, ucapnya.

Kegiatan sosialisasi GUG ini berlangsung selama dua hari tanggal 16 s/d 17 september 2019, kemudian akan dilanjutkan esok har i dengan menghadirkan narasumber Dr. Abdul Kholiq,M.Ag dari UIN Semarang. (Humas IAIN Metro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here