Marketing, Digital Branding, and Soft Skill

55

Penulis: Faqih Fadul

“Kedepannya, semua elemen akan membutuhkan ini” ujar Aan di media sosialnya.

Beberapa menit yang lalu saya melihat akun media sosial sahabat kece saya ini. Sebuah lowongan pekerjaan yang mengharuskan pelamar mampu menguasai Adobe Family dan lainya. Semua itu untuk kebutuhan produksi design dan videography.

Menurut saya, era yang katanya 4.0 ini dimana pelbagai lini mulai merambah di dunia internet, dengan alasan untuk memperluas pangsa pasar adalah benar-benar saja. Ya… itupun kalau tujuan mereka go nasional ataupun internasional, kalau cuman sebatas desa ya… dari mulut ke mulut saja.

Tapi tapi… menurut saya, kalau mau tetep eksis ya harus mau mengikuti perkembangan zaman. Kan udah jelas, sekarang eranya industri 4.0 dunianya internet. Kalau mau sukses ya, bergelut diseputar teknologi. Lalu manusia sepeti apa saja yang dibutuhkan industri 4.0?
Mereka adalah manusia-manusia kreatif yang mampu memberikan hal-hal baru dan menarik kepada publik. Tentunya dibarengi dengan kemampuan ekonomi, atau berbisnis. Karena selain manusia harus kreatif, dapur juga harus tetep ngebul kan?

Nah, bagi kalian yang merasa telah salah memilih jalan hidup, ngerasa salah jurusan dll. Bukan menjadi alasan untuk tidak eksis di dunia saat ini. Toh yang kebanyak perusahaan dan berbagai elemen itu mencari kemampuan ente, softskill dan karya apa yang telah ente buat. Jadi mulailah dari sekarang mengasah soft skill ente.
Softskill yang paling banyak dicari ke depan adalah manusia-manusia alien yang bahasanya tak pernah saya mengerti, yaitu developer. Kemudian penulis, nilai lebih bagi mereka yang paham dengan copywriting untuk kebutuhan penjualan. Lalu desainer grafis, editor video, fotography, dan lain-lain.

Bukan hanya kemampuan itu saja digital marketing pun perlu ente pelajari. Kalo ngga, udah capek buat video atau desain semenarik mungkin taunya gak ada yg tertarik. Penentuan target pasar juga penting untuk kebutuhan marketing, seperti umur, jenis kelamin, produk apa yg dijual dll.

Jika sudah tau dari itu semua, ente tinggal pilih sosial media yg cocok untuk produk ente. Singkatnya, google untuk produk yang dibutuhkan orang seperti cara memanjangkan rambut dll. Facebook untuk produk yang tadinya tidak terlalu terkenal, dan tugas enet buat itu jadi terkenal dengan copywriting dan kemampuan soft skill lainya. Instagram untuk target market kalangan anak muda.

Skill ini lah yang menurut saya paling banyak dibutuhkan di era 4.0 dan ini terbukti dari rekan-rekan kuliah saya yang kini bisa hidup mandiri selepas wisuda tercapai. Tentunya tak lepas dari orang luar biasa di sekeliling saya dan rekan-rekan yang selalu menebar kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here