Esy IAIN Metro Produksi Pupuk Organik

63

Mahasiswa S-1 Ekonomi Syariah IAIN Metro angkatan 2016 mulai memproduksi Pupuk Organik di Kampung Lebah dan Organik Yosomulyo Metro Pusat. Di koordinatori oleh Syukron Setiawan Ketua #MetroBerkebun kegiatan ini juga melibatkan siswa PPL dari SMK Sekampung Lampung Timur. Siswa tinggal di tempat Pak Narno P4 Lestari Yosomulyo sampai Januari 2020.

Syukron menjelaskan,”kami memulai dengan melembutkan kotoran sapi dan tanah ke keranjang ayakan, agar pupuk semakin lembut. Kemudian kami akan mencampur dengan bahan-bahan lain seperti cocopit dan sekam bakar.

Desi salah satu mahasiswa S-1 Ekonomi Syariah tertarik dengan produksi pupuk organik. Desi menjelaskan,”selain pengalaman pupuk organik, saya dan kawan-kawan sedang belajar pertanian organik. Kaprodi Ekonomi Syariah Pak Dharma Setyawan juga akan budidaya lebah trigona di sini. Tentu ke depan akan lebih seru berkegiatan di sini, karena kami mau membuat spot-spot selfie.”

Dharma Setyawan selaku Kaprodi S-1 Ekonomi Syariah berharap,”kampung pengabdian Lebah dan Organik ini kita kerjakan bersama-sama. Jika mau ada perubahan, perguruan tinggi harus punya kampung-kampung pengabdian, ada banyak hal yang bisa kita kerjakan untuk masyarakat sekitar. Lebih lagi jika yang kita lalukan punya orientasi ekonomi kreatif”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here