Prodi Ekonomi Syariah IAIN Metro meluncurkan 3 Program Pengabdian Masyarakat

9

Prodi Ekonomi Syariah meluncurkan 3 Program Pengabdian Masyarakat di Kota Metro yaitu Budidaya Lebah Trigona, Bank Sampah Payungi dan Pembuatan Pupuk Organik. Program Pengabdian di fokuskan di kelurahan Yosomulyo Metro Pusat.

Jurusan Ekonomi Syariah membentuk relawan-relawan dan dipimpin koordinator. Budidaya Lebah dimotori oleh Imam Khoiri mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2017. Bank Sampah Payungi dikoordinatori oleh Tofa mahasiswa Ekonomi Syariah yang juga bekerja di Dinas Lingkungan Hidup dan terakhir Produksi Pupuk organik mahasiswa Ekonomi syariah angkatan 2016 sekaligus ketua gerakan #MetroBerkebun Syukron Setiawan.

Pengembangan Budidaya Lebah Trigona sudah berjalan dan akan dikembangkan di internal kampus dan luar kampus. Bank Sampah Payungi akan berkolaborasi dengan komunitas Bank Sampah Cangkir Hijau dimana sampah-sampah Pasar Yosomulyo Pelangi akan dikelola agar mendapat nilai tambah ekonomi. Ketiga adalah produksi pupuk organik yang berkolaborasi dengan pemuda-pemuda Yosomulyo.

Dharma Setyawan Kajur Ekonomi Syariah IAIN Metro menyampaikan,” Tiga program pengabdian masyarakat ini adalah gebrakan awal, di luar kampus kami memiliki komunitas yang cukup kuat membuat perubahan lainnya, sudah saatnya jurusan Ekonomi Syariah IAIn Metro yang kebetulan saya pimpin, harus ikut bergerak mempercepat perubahan. Potensi Ekonomi Syariah tidak tanggung-tanggung, ada banyak mahasiswa yang bisa terlibat. Payungi pasar jajanan tradisional tiap hari minggu jam 06.00-11.00 yang kami bangun bersama warga telah mencatatkan omset gelaran sejak 28 oktober 2018 sampai pertengahan agustus mencapai total 1,5 miliar.
Pengabdian Masyarakat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian. Kajur Ekonomi Syariah Dharma Setyawan juga menyatakan,”ecosystem pasar sudah terbentuk, maka saatnya perguruan tinggi ikut andil mempercepat perubahan dengan gotong royong bersama warga.” Pungkas Dharma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here